Selamat Datang di Blog ..............

Senin, 11 Januari 2010

Rempah - rempah


Merica
  • Merupakan buah dari Piper nigrum, tanaman asli lokal dari hutan tropis India. Merica hitam diperoleh dari buah merica hijau yang dikeringkan dengan sinar matahari. Sedangkan merica putih diperoleh dari biji merica tua yang berwarna putih keabu-abuan.
  • Merica memiliki aroma yang tajam dan pedas sehingga dapat menambah kedalaman dan keseimbangan berbagai jenis hidangan. Selain itu dapat memberikan aroma yang enak pada daging dan mampu mengeluarkan flavor yang lembut dari seafood. Merica putih lebih pedas daripada merica hitam, tetapi merica putih cepat kehilangan flavor.
  • Cara terbaik menggunakan merica adalah dengan cara tradisional yaitu merica yang digiling dan dihancurkan dalam crusher sebelum ditaburkan di atas hidangan yang akan disantap.

Lengkuas
  • Penampakannya mirip jahe dan memiliki aroma dan rasa yang hangat, manis dan pedas, lengkuas muda aromanya lebih lembut dan lebih lunak.
  • Lengkuas biasa digunakan untuk memberi aroma segar pada hidangan tumis, pindang dan hidangan berkuah santan. Orang Indonesia menggunakan potongan lengkuas atau bubuk lengkuas segar atau kering untuk nasi goreng atau untuk kari jawa yang khas.

Pekak
Disebut juga bunga lawang, berbentuk bintang delapan, berbentuk kecoklatan ujungnya berisi biji pipih, aromanya mirip adas dan harum. Diambil dari pohon yang tumbuh di bagian barat daya Cina yaitu Illicium verum. Pekak memiliki ras pahit seperti adas namum flavornya lebih tajam dibanding adas. Biasa digunakan untuk memberi aroma harum yang khas pada masakan daging, unggas, sayuran, ikan dan saus.

Sereh
  • Sekilas mirip alang-alang tetapi rumpun sereh lebih besar dan menggerombol. Memiliki flavor segar dan sangat harum seperti lemon.
  • Biasa digunakan untuk memberi aroma segar pada kuah soto, laksa, hidang tumis, sup, kari, dan hidangan tradisional.

Jahe
  • Jahe mengandung 3% minyak atsiri yang menyebabkannya berbau harum dan pedas. Pada jahe yang telah dimasak, gingerol (zat pada jahe) berubah menjadi zingerone yang memiliki aroma pedas yang sudah berkurang serta memiliki bau rempah-rempah yang manis.
  • Jahe dapat merangsang timbulnya citarasa yang segar saat digigit dan mengurangi rasa lemak yang tajam dari daging bebek. Jahe giling paling baik digunakan dalam hidangan yang bersifat manis seperti dalam roti, kue, biskuit dan puding.

Jinten
  • Bentuknya mirip adas tetapi warnanya lebih gelap, berwarna coklat kekuningan, berbau harum, dan pedas. Jinten memiliki flavor pahit yang khas dan kuat, aroma yang hangat yang disebabkan oleh kandungan minyak atsirinya.
  • Jinten digunakan untuk membumbui berbagai jenis masakan karena memiliki rasa manis yang natural, aroma segar, wangi, sedikit manis pada gulai, kari, opor dan kue-kue tradisional.

Kayu Manis
Berupa kulit batang pohon kayu manis yang berwarna kemerah-merahan sampai coklat. Memiliki rasa manis, beraroma pedas/tajam , hangat tapi agak pahit dan sepat atau astringent. Kayu manis digunakan untuk memperkaya cita rasa pada masakan, kue atau minuman.

Kemiri
  • Berbentuk bulat dan memiliki aroma langu dan rasanya gurih.
  • Biasa digunakan untuk menggurihkan masakan karena mengandung minyak. Selain itu juga digunakan sebagai zat penstabil dan zat pengental pada kari.

Ketumbar
  • Bentuknya mirip biji lada tetapi lebih kecil, berwarna lebih gelap dan lebih ringan dari lada dan memiliki aroma dan rasa agak sedikit manis dan pedas.
  • Penggunaan ketumbar pada masakan akan membuat aroma masakan lebih nyata, memberi rasa gurih dan aroma segar serta dapat meningkatkan nafsu makan.



Kunyit
  • Kunyit digunakan untuk memberi warna kuning pada masakan dan untuk mengurangi aroma tajam pada seafood dan daging kambing.
  • Digunakan sebagai campuran rempah-rempah pada masakan India, Afrika Utara, Timur Tengah, dan di Indonesia pada bubuk kari dan masakan rendang.


Bawang Merah
  • Termasuk rempah flavoring yang mampu memberikan cita rasa yang dapat meningkatkan selera pada setiap hidangan.
  • Rasa pedas ketika bawang masih mentah akan berubah menjadi rasa manis sesudah dimasak. Bawang merah banyak ditemukan di Indonesia dan merupakan jenis bawang yang tidak terlalu pedas.



Bawang Putih
  • Bawang putih mentah memiliki flavor pedas yang sangat tajam yang berasal dari minyak atsirinya, rasa bawang putih segar yang tajam akan menghilang setelah dimasak atau digoreng.
  • Digunakan secara luas sebagai bumbu masakan untuk berbagai jenis masakan karena flavornya yang kuat dapat meningkatkan flavor lainnya. Selain itu bawang putih memberikan rasa gurih pada masakan dengan aroma yang kuat.
Agar kulit bawang putih mudah terkupas, rendam terlebih dahulu ke dalam air panas selama beberapa menit. Cara ini amat memudahkan Anda jika memerlukan bawang putih kupas dalam jumlah banyak.



    Bawang Bombay
    • Bawang bombay segar memiliki flavor yang pedas, tajam dan lachrymatory (dapat memberi efek menangis). Selama pemasakan, flavornya berkurang dan rasanya menjadi lebih manis. Dalam keadaan kering memiliki bau yang harum, tajam, dan pedas serta flavor yang lembut.
    • Bawang bombay memberi rasa dan aroma yang gurih pada masakan. Flavornya yang kuat dan memiliki daya simpan yang tinggi. Paling cocok untuk jenis masakan tumisan.



    Bubuk Kari
    • Bubuk kari erat kaitannya dengan hidangan dan santapan india. Kari merupakan hidangan savoury dari daging, ikan atau sayuran yang disajikan dalam saus yang pedas & Spicy. Tiap saus seperti halnya dalam kari memanfaatkan campuran rempah-rempah yang didasarkan pada selera individu.
    • Campuran berbagai bumbu tersebut disebut garam Masala yang merupakan campuran berbagai rempah dalam bentuk utuh atau bubuk dengan rasa ringan sampai kuat. Tidak ada jenis yang spesifik dan baku semua bumbu atau rempah yang digunakan berasal dari rempah-rempah asli India.

    Cengkeh
    Berupa tangkai bunga kering, memiliki penampakan yang cerah, seragam denga berwarna merah kecoklatan. Cengkeh memiliki flavor yang sangat kuat, pedas/tajam selain itu memiliki sensasi rasa pahit dan astringentatau sepat di mulut.Dalam masakan, cengkeh ditambahkan untuk memberikan aroma harum yang kuat sekaligus hangat serta untuk mengurangi bau-bauan yang tajam. Di Amerika, cengkeh digunakan pada daging, salad dressing, dan dessert. Bumbu- bumbu Cina dan Jerman juga menggunakan cengkeh untuk memberikan flavor pada masakan daging dan cookies.

    Daun Jeruk
    Daun jeruk banyak digunakan sebagai pengharum dan penghias masakan. Masakan Thailand banyak menggunakan daun jeruk.

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar